Hidup Ini Emang Banyak Cobaan…

Hidup ini emang banyak cobaan. Tapi masih ada hal yang jumlahnya lebih banyak ketimbang cobaan yang kita hadapi. Apa itu? Yak, betul! Nikmat dari Allah.

Sadar ngga kalau nikmat yang Allah kasih sebetulnya malah lebih banyak dari cobaan yang ada di kehidupan kita. Bahkan saking banyaknya kita ngga bisa menghitung nikmat itu satu persatu dan justru kita seringnya malah lalai dan lupa. Astaghfirullaaah….

Yah, emang gitu sih, kalau kita fokusnya sama masalah dan cobaan doang rasanya hidup kita tuh kek sumpek banget. Beda kalau kita fokusnya sama nikmat-nikmat yang udah Allah kasih, pasti kita bakal jadi orang yang lebih bersyukur dan hidup kita bakal adem ayem aja.

Lagian, kenapa sih cobaan hidup harus dipermasalahin banget? Toh, itu kan udah bagian dari kehidupan kita, ngga mungkin kita bisa terbebas dari yang namanya cobaan hidup. Apalagi kalau kita orang yang beriman kepada Allah, cobaan hidup udah pasti bakal menghampiri kita terus. Coba kita lihat surat cinta dari Allah di bawah ini yang bercerita tentang ujian dan cobaan :

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan,”Kami telah beriman”, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” 
(QS. Al-Ankabut ayat 2-3)

“Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya).”
(QS. Al-Anbiyaa ayat 35)

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
(QS. Al-Mulk ayat 2)

MasyaaAllah, Allah tuh baik banget. Ia tidak pernah meninggalkan hamba-Nya dalam ketidaktahuan. Semuanya udah Allah jelasin dalam Al-Quran. Allah tuh udah ngasih tau, kalau kita semua ketika hidup di dunia ini pasti bakal diuji, ngga mungkin ngga. Kenapa, sih Allah nguji kita? Karena Allah pengen lihat siapa orang yang paling baik amalnya dan paling bertakwa kepada-Nya. Sama kek waktu di sekolah. Ketika pengen tau siapa sih murid terpintar di sekolah ini, pasti pihak sekolahnya bakal ngasih ujian kan supaya ketauan tuh siapa sih murid yang paling pintar dan menduduki peringkat 1 se-sekolahan, hehe.

Dan sebetulnya tiap-tiap cobaan yang Allah kasih ke kita tuh ngga bakal salah takarannya, sasarannya, dan pasti sesuai sama kadar kesanggupan kita. Coba kita lihat lagi surat cintanya Allah di bawah ini :

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”
(QS. Al-Baqarah ayat 185)

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” 
(QS. Al-Baqarah: 286)

Percayalah bahwa setiap cobaan pasti ada solusinya, jalan keluarnya. Allah ngga mungkin ngasih ujian doang tanpa ada solusinya. Karena Allah sendiri udah janji dalam surat cintanya :

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”
(QS. Al-Insyirah ayat 5-6)

Sama kan kek waktu sekolah juga, setiap ada ujian pasti ada kunci jawabannya, hehe. Ini kenapa perumpamaanya sekolahan mulu, ya? haha #kangenmasasekolah

Akhir kata, gue cuma mau ngingetin aja, ngga ada orang yang ngga pernah diuji. Semua pasti punya ujiannya masing-masing. Allah kasih ujian ke tiap hamba-Nya tuh pasti beda-beda karena pada dasarnya kita pun juga beda-beda kan, walau tetap satu yaitu hamba-Nya Allah, hehe. Gue pun dalam menulis tulisan ini ngga luput dari ujian, ujian mager misalnya, haha. Tapi semoga tulisan ini bisa menjadi pengingat dan penghibur kita semua di kala sumpek menghadapi ujian atau cobaan hidup. Ingat kalau kita punya Allah yang selalu ada buat kita :’)

Tinggalkan komentar