Mencari Motivasi

Kamu pernah ngga, sih, ngerasa kehilangan motivasi buat ngerjain sesuatu? Terus karena ngga ada motivasi rasanya jadi males gitu. Kalau aku, sih, pernah. Malah beberapa waktu belakangan ini aku lagi ngalamin, hehe. Hal ini aku alamin ketika aku ngerjain skripsi. Rasanya, tuh, kek malessss banget. Saking malesnya sampe ngerasa ngga ada motivasi buat ngerjain. Walaupun udah disemangatin, nyari-nyari quotes penyemangat, curhat sama temen. Tapi itu semua kek belum cukup buat ngembaliin motivasi dan semangat aku.

Tapi Alhamdulillah, sekarang aku udah menemukan sumber motivasi yang rasanya sayang banget buat aku simpan sendiri. Maka dari itu aku memutuskan untuk membagikannya di sini, hehe.

Sumber motivasi yang kutemukan adalah bersyukur. Iya, bersyukur. Entah pemikiran dari mana, tetapi setelah aku renungkan ternyata bersyukur itu emang ngasih dampak yang warbyasah. Anggap aja hasil pemikiranku ini adalah hidayah yang datangnya dari Allah.

Ternyata mendapat motivasi juga bisa dengan cara mensyukuri nikmat-nikmat yang udah Allah kasih. Dengan mensyukurinya kita jadi ada motivasi dan dorongan untuk memberikan ikhtiar yang terbaik di setiap usaha kita, ibadah kita, pekerjaan kita, proses belajar kita, dll. Soalnya, kalau kita ngga ngelakuin kek gitu malah jadi ada perasaan malu ngga, sih? Iya, malu sama Allah.

Kek gini, kamu sadar ngga, sih, Allah, tuh, udah ngasih kita banyak banget nikmat yang bahkan ngga bisa kita sebutin semuanya satu per satu, saking banyaknya. Kalau mau coba sebutin, coba aja, mungkin ngga bakal kelar sehari, hehe. Karena emang banyak banget nikmat yang udah Allah kasih, dari kita bangun tidur sampai tidur lagi. Contohnya aja, Alhamdulillah hari ini aku masih bisa makan, masih bisa minum, masih bisa tidur dengan nyenyak, rumah ngga kebanjiran, laptop masih berfungsi, kuota internet masih ada. Nah, kan, banyak banget nikmatnya? Itu malah belum seberapa. Terus setelah aku sadar sama nikmat-nikmat itu aku jadi malu. Soalnya, Allah, tuh, udah ngasih banyak nikmat tapi kok aku masih males buat ngerjain skripsi? Ddaang! Nangkep, kan, maksudnya?

Bayangin, deh, Allah tuh udah banyak ngasih kita nikmat, kecukupan, dan Allah urus segala urusan kita. Tapi kitanya malah menyia-nyiakan semua nikmatnya itu, terus kita kalah sama rasa males dan godaan setan. Kek … HELLOO! malu ngga, sih? huhuhu… Jadi sadar ternyata aku masih lalai dalam bersyukur.

Oleh karena itu, mensyukuri nikmat yang Allah kasih bisa jadi sumber motivasi kita untuk senantiasa mengikhtiarkan yang terbaik dalam segala urusan kita. Supaya kita ngga termasuk golongan orang yang kufur nikmat. Lupa sama nikmat yang Allah kasih terus malah ngga dipergunakan untuk hal yang baik. Nikmat yang Allah kasih tuh banyak, masa semua itu kalah sama rasa males dan godaan setan? Ewwhh 😦

Akhir kata, segala puji hanya bagi Allah. Alhamdulillah hari ini masih bisa bersyukur karena bisa mensyukuri nikmat-nikmat Allah juga termasuk nikmat yang harus kita syukuri. Kenapa? Coba liat di luar sana masih banyak orang-orang yang ngga mensyukuri nikmat yang Allah kasih. Mungkin karena Allah belum kasih nikmat buat mesyukurinya. Makanya, kita harus sering-sering berdoa juga sama Allah, minta ke Allah supaya diberi nikmat bersyukur.

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

ALLAHUMMA A’INNI ‘ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBADATIK
Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berdzikir/mengingat-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu” (HR. Abu Daud dan Ahmad, shahih)

Alhamdulillah. Akhirnya proses pencarian motivasiku telah sampai di titik terang, ciaat. Karena selama ini bener-bener belum nemu motivasi yang sreg. Terus ketika lagi merenung dan dapet pemikiran kek gini tuh bikin aku jadi terharu dan makin sadar kalau Allah tuh baik banget! Asli, baik banget! Dan ternyata emang bener, yaa, segala urusan tuh pasti baliknya ke Allah lagi :’)

Semoga bermanfaat. Saatnya balik skripsian lagi, wkwk.
Doakan aku, yah!

Tinggalkan komentar